Permainan Sepak Bola

Permainan Sepak Bola, Gerakan-Gerakan yang Harus Kamu Kuasai! Kebanyakan, anak remaja pria paling suka dengan namanya sepak bola yang bertanding secara detail di arena permainan. Permainan bola ini wajib dimainkan dalam regu atau tim yang terdiri atas dua tim dalam perlombaan. Anggota dalam satu tim sepak bola sekitaran sebelas orang yang berarti dua puluh dua orang lawan dan kawan dalam satu arena lapangan. Tapi tidak perlu takut salah orang, karena setiap tim pasti memiliki kaos yang seragam dengan nomor punggung dan nama tertera.

Tujuan bermain sepak bola sendiri yaitu memasukkan bola sebanyak mungkin ke gawang lawan dengan sekali tendangan. Baik tendangan dari jarak jauh ataupun tendangan dari jarak dekat. Selain itu, salah satu tujuan bermain bola ini kamu harus bisa mempertahankan gawang sendiri dari bobolan lawan yang berhasil memasuki wilayah daerah kamu. Anggota yang menjaga gawang sendiri disebut dengan Kiper. Menjadi seorang kiper itu sendiri harus memiliki fisik yang bagus dan pintar menganalisa bola melesat ke arah mana.

Karakter permainan sepak bola sendiri kamu harus menendang bola menggunakan kaki boleh juga menggunakan organ tubuh lainnya kecuali tangan atau lengan. Paling sering pemain menggunakan media kepala, dada, punggung, atau kaki sebagai menendang bola atau mengiring bola kepada teman. Karakter tersebut hanya berlaku untuk anggota pemain saja, karena sang kiper atau penjaga gawang diperbolehkan untuk menggiring atau memegang bola menggunakan lengan atau tangan sebagai medianya.

Selain ada karakteristik, bermain sepak bola ada juga manfaatnya, loh! Di antaranya bisa menyehatkan badan, karena gerakan yang kamu lakukan membuat tubuhmu menjadi sehat jika kamu bermain bola atau latihan secara teratur. Serta menambah pengetahuan kamu dalam gerakan-gerakan, jenis-jenis, serta kesalahan-kesalahan dalam bermain sepak bola, juga. Gerakan-gerakan dalam bermain sepak bola, di antaranya adalah:

tendangan si madun

Menendang Menggunakan Kaki Bagian Dalam

Untuk permainan sepak bola menggunakan kaki dalam, secara naturalnya kamu akan menendang bola lebih keras dan tidak akan sakit saat menendang jauh dengan penuh kekuatan. Caranya kamu berdiri dengan posisi kaki kiri di depan dengan kaki kanan di belakang bola. Setelah itu condongkan badan kamu dengan mengarah ke depan, kaki kiri sebagai tumpuan serta lutut sedikit ditekuk agar semakin kokoh. Tahap ketiga, kaki kanan kamu dibuka dengan mata kaki mengarah ke bola dan ayunkan ke arah bola menggunakan kaki bagian dalam.

Kesalahan-kesalahan yang selalu dilakukan pemain yaitu badan terlalu kaku, kaki tumpuan yang tidak tepat di samping bola, kaki untuk menendang tidak mantap atau tidak stabil, badan kurang dicondongkan ke arah depan, dan ketika selesai menendang tidak diikuti gerakan selanjutnya. Hal-hal tersebut yang kadang memicu kegagalan menendang menggunakan kaki bagian dalam yang hanya menimbulkan kesakitan akibat saraf urat yang menegang atau kaku yang mengharuskan kamu keluar dari arena lapangan yang digantikan dengan pemain lainnya.

menendang dengan punggung kaki

Menendang Bola Dengan Punggung Kaki Dalam

Gerakan yang ada pada permainan sepak bola kedua yaitu menendang bola menggunakan punggung kaki dalam. Yang harus kamu lakukan yaitu berdiri di belakang bola dengan tegap dan siaga, setelah itu kaki tumpuan harus di samping bola dengan badan yang mencondong ke arah depan secara kuat. Rilekskan kedua lengan agar menjaga keseimbangan pandangan dan keseimbangan tubuh, setelah itu ayunkan kaki ke arah bola dengan pergelangan kaki di tengah yang ujung kakinya selangkah ke samping bawah. Fokuskan pikiran untuk menendang bola menggunakan punggung.

Kesalahan-kesalahan yang terjadi sama saja dengan kesalahan di atas. Seperti badan pemain yang kaku atau tidak siap, kaki tumpuan tidak berada tepat di samping bola, kaki tendangan yang tidak stabil atau tidak tepat, serta badan yang tidak terlalu condong ke depan. Untuk menghindari kesalahan-kesalahan seperti ini, kamu harus sering-sering berlatih dalam pemanasan atau saat tidak memiliki kegiatan bermain. Selain berlatihan kamu harus mengkonsumsi makanan yang sehat dan dianjurkan untuk menjaga tubuh.

Menendang Bola Dengan Punggung Kaki

Kebalikan dari gerakan pada permainan sepak bola yang kedua, gerakan yang ketiga menggunakan punggung kaki bagian luar. Caranya kamu harus berdiri dengan siap di belakang bola dengan kaki tumpuan di samping bola dan kaki untuk menendang di belakang bola. Condongkan badan ke depan dengan siap dan ayunkan kaki untuk menendang bola secara kuat. Untuk menendang bola, kamu harus benar-benar berfokus kepada titik tendangan agar tidak salah tempat dan menjadi kesalahan, contohnya cidera atau patah tulang kaki.

Lagi-lagi, kesalahan setiap gerakan sama. Yaitu posisi yang tidak tepat dan tidak stabil. Untuk masalah seperti ini, banyakan meminum cairan tubuh agar badan menjadi fokus dan sesering mungkin berlatih pada saat pemanasan atau saat tidak memiliki jadwal. Sebelum bermain sepak bola, diharuskan melakukan pemanasan sekitar lebih dari lima menit agar organ-organ tubuh menerima gerakan-gerakan saat berlari mengejar bola. Jangan lupakan untuk meminum vitamin agar kembali bugar saat di lapangan. Banyak meminum cairan mineral bagus untuk otot kamu.

Menghentikan Bola Dengan Telapak Kaki

Untuk mengehentikan laju bola, kamu bisa mengontrolnya menggunakan telapak kaki yang kokoh. Dalam sebuah permainan sepak bola pemain dianjurkan memiliki fisik yang siap menerima serangan demi serangan saat dalam lapangan. Cara menghentikan laju bola yaitu dengan sikap badan yang bercondong ke arah datangnya bola, lari atau dekati bola, setelah mendekat hentikan dengan kaki kanan menggunakan telapak kaki setelah menyentuh bola, tarik ke arah belakang dengan bola yang masih bertengger di kaki kanan tadi dan seimbangkan agar bola tidak jalan.

Walaupun hanya menghentikan bola atau mengontrol laju bola, ada saja kesalahan-kesalahan kecil yang berujung fatal jika di lakukan. Di antaranya badan yang terlalu kaku sehingga tidak bisa menghentikan laju bola dengan kaki kanan yang tidak siap dan tidak rileks saat menghentikan lajunya. Ditambah dengan salahnya gerakan saat menarik bola ke arah belakang yang tidak seimbang dan bisa mengakibatkan cidera kaki atau punggung jika terjatuh. Untuk menghindari hal seperti ini kamu harus banyak mencoba latihan atau pemanasan beragam gaya.

Mengontrol Bola Dengan Dada

Mengontrol Bola Dengan Dada

Gerakan terakhir yang harus kamu ketahui dalam permainan sepak bola yaitu mengontrol bola menggunakan dada. Hal ini biasa dilakukan dengan pemain yang memiliki dada bidang yang kokoh, cara melakukannya yaitu posisi kamu harus berdiri menyambut datangnya bola setelah bola mendekat barulah sedikit condongkan dada ke arah bola dan busungkan dada untuk menerima datangnya bola dengan posisi melebar seimbang. Saat bola sudah di dada, tahan dengan sedikit di tarik ke belakang. Hindari kesalahan-kesalahan seperti gerakan di atas ya.

Itulah gerakan-gerakan yang ada para permainan sepak bola. Dengan informasi di atas semoga kamu makin bisa memahami keseruan permainan tersebut.